Target Pertumbuhan Dua Digit Dianggap Mustahil

13 06 2009
Sabtu, 13 Juni 2009 pukul 01:08:00

JAKARTA-Tim ekonomi Greenomics Indonesia menilai target pertumbuhan ekonomi dua digit yang dipatok pemerintah mustahil bisa dicapai. Kelompok itu beralasan bahwa tiga prasyarat yang diperlukan untuk mencapainya target tersebut pun sukar terpenuhi.

Dua di antara tiga syarat itu adalah, tidak mungkin  60 persen lapangan usaha dalam produk domestik bruto bisa tumbuh di atas 10 persen. Selain itu sukar untuk mewujudkan 30 persen lapangan usaha lainnya tumbuh antara lima hingga hampir 10 persen.

Prediksi pesimistis itu diungkap Elfan Effendi, direktur eksekutif Greenomics Indonesia, terkait dengan penetapan target pertumbuhan ekonomi yang diusung calon presiden dan calon wakil presiden. Elfan menjelaskan, dengan ketiga syarat itu, berarti enam dari 10 sub-lapangan usaha dalam komponen Produk Domestik Bruto (PDB) harus tumbuh di atas 10 persen. Secara bersamaan pula, tiga dari 10 sub-lapangan usaha dalam komponen PDB juga harus tumbuh antara 5 hingga hampir 10 persen. Sisa satu lapangan usaha lagi, juga harus tumbuh minimal antara 1-5 peren.

“Jelas mustahil mencapai kondisi di mana 60 persen lapangan usaha dalam PDB bisa tumbuh di atas dua digit. Tanpa krisis global pun sulit dicapai, apalagi dengan krisis saat ini,” kata Elfan.

Ia menambahkan bahwa target pertumbuhan ekonomi dua digit itu harus punya sumber-sumber pendorong pertumbuhan (<I>drives of growth<I>), termasuk masalah akselerasinya. Jika konsep stimulus pertumbuhan ekonomi dua digit itu dicapai dengan cara menjadwal ulang utang itu bukan terobosan baru.

(dikutip dari : http://www.republika.co.id)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: