Bank Bisa Memicu Krisi Baru pada 2010

13 06 2009
EROPA
Jumat, 12 Juni 2009 | 06:04 WIB
LONDON, KOMPAS.com – Bank Sentral Eropa atau ECB mengawasi 25 bank yang dianggap vital untuk sektor keuangan. Pemantauan dilakukan karena ada kekhawatiran bahwa krisis bisa terjadi lagi tahun 2010. Demikian diberitakan harian Inggris, The Daily Telegraph, Kamis (11/6).

Dejan Krusec, ahli stabilitas finansial ECB, mengatakan, perbankan cukup kuat untuk menahan resesi berbentuk V atau penurunan tajam dengan pemulihan segera. Akan tetapi, perbankan tidak dapat bertahan jika penurunan aktivitas ekonomi berlangsung terlalu lama.

”Jika resesi ini berbentuk U (penurunan aktivitas ekonomi dengan pemulihan yang lamban), bank tak terlalu banyak menghadapi masalah. Bank-bank yang kami awasi itu sangat penting dan strategis. Kita tidak khawatirkan keadaan 2009 karena perbankan di Eropa memiliki modal cukup. Masalahnya adalah potensi pada 2010 nanti,” paparnya.

Bank of America dipaksa

Di Washington, para anggota DPR mendesak Bank Sentral AS menyerahkan catatan dan dokumen lain terkait peran bank sentral yang memaksa Bank of America (BoA) mengakuisisi Merrill Lynch.

Desakan terjadi setelah muncul anggapan bahwa CEO BoA Ken Lewis dipaksa mengakuisisi Merrill Lynch. Lewis bersaksi bahwa dia dimintai oleh mantan Menteri Keuangan Henry Paulson dan Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke untuk tidak mengungkapkan rincian mengenai posisi keuangan Merrill Lynch.

Informasi ini dicuatkan Jaksa New York Andrew Cuomo. Bank Sentral AS dan Paulson membantah. ”Kami berharap dapat menanggapinya cepat seperti diharapkan,” ujar juru bicara Bank Sentral AS.

Panggilan oleh Badan Pengawas DPR dan Komite Reformasi Pemerintah itu dilakukan setelah Lewis berencana memberi kesaksian, Kamis kemarin.

Lewis menyatakan BoA telah mempertimbangkan penghentian akuisisi Merrill Lynch karena melihat semakin menumpuknya kerugian Merrill.

”Hal ini tentu membuat resah para pemegang saham BoA dan juga stabilitas pasar,” ujar Lewis.

Hanya beberapa pekan sebelum transaksi akuisisi tersebut dirampungkan, laporan keuangan kuartal keempat BoA memperlihatkan posisi BoA sangat terpengaruh oleh transaksi pembelian Merrill tersebut. (AP/AFP/JOE)

( Dikutip dari : http://bisniskeuangan.kompas.com–Kompas Cetak)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: